Rabu, 02 Oktober 2013

Penjelasan Mengenai Adat Istiadat dalam Keluarga Saya (Tugas Softskill Etika Bisnis)

1. Teori Adat istiadat adalah segala dalil dan ajaran mengenai bagaimana orang bertingkah-laku dalam masyarakat. Rumusan-nya sangat abstrak, karena itu memerlukan usaha untuk memahami dan merincinya lebih lanjut. Adat dalam pengertian ini berfungsi sebagai dasar pembanguan hukum adat positif yang lain. Adat istiadat yang lebih nyata yang menjadi kebutuhan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari (Mohammad Daud Ali, 1999: 196). Istilah adat istiadat seringkali diganti dengan adat kebiasaan, namun pada dasarnya artinya tetap sama, jika mendengar kata adat istiadat biasanya aktivitas individu dalam suatu masyarakat dan aktivitas selalu berulang dalam jangka waktu tertentu. Menurut Soleman B. Taneko (1987: 12), adat istiadat dalam ilmu hukum ada perbedaan antara adat istiadat dan hukum adat. Suatu adat istiadat yang hidup (menjadi tradisi) dalam masyarakat dapat berubah dan diakui sebagai peraturan hukum (hukum adat). Adat istiadat jawa tengah (purworejo) Purworejo merupakan kota yang penduduknya masih menjujung tinggi nilai sopan santun dan adat istiadat nenek moyang. Beberapa waktu lalu saya mencoba belajar bagaimana budaya kota lain dengan mengikuti tur bersama teman-teman. Alhasil sangat memuaskan. Di samping penduduk Purworejo sangat sopan, mereka juga sangat baik dan ramah. Baru datang saja sudah disuguhi segudang makanan yang tak bisa saya makan semua. Belum pergi ke masjid untuk acara Muludan saja sungguh sangat asyik. Di sana terbiasa membawa berbagi macam makanan dan dibentuk seperti parcel. Kemudian akan saling ditukar dengan masyarakat setempat. Sangat indah dan sangat mengasyikkan. Setelah acara selesai, acara dilanjutkan dengan menunggu arak-arakan kuda yang ditunggangi oleh anak-anak berusia di bawah 10 tahun yang didandani seperti ksatria. Di tengah acara, kuda disuruh loncat dengan atraksi yang dibuat para pawang. Akan tetapi si penunggang kuda diwajibkan tetap berada dia tas kuda. Sungguh mengerikan tapi ternyata anak-anak kecil yang menunggangi kuda tersebut juga ternyata sudah terlatih sehingga tidak ada kesalahan teknis. http://travel.detik.com/readfoto/2013/09/30/190200/2079539/1026/menonton-kuda-jingkrak-di-purworejo Adat isti adat sunda (Bogor) Adat isti adat sunda bogor adalah Acara makan bersama adalah acara yang dilakukan untuk sekadar mengucap syukur dan saling temu berkumpul serta berharap bertemu lagi ditahun depan bersama masyarakat di sekitar yang dinamakan sedekah bumi, satuhal makanan yang harus ada adalah nasi tumpeng atau kue. Dan para masyarakat setempat makan berkumpul dijalan gang. 2. Kasus/Artikel Atas dasar teori yang ada maka masalah dirumuskan adalah Bagaimana adat dan istiadat yang berlaku dikeluarga saya. 3. Analisis Adat istiadat timbul dari suatu kebiasaan yang dilakukan secara terus-menerus dalam waktu yang lama. Sehingga kemudian kebiasaan tersebut ditetapkan menjadi suatu adat istiadat. Adat istiadat bisa menjadi norma, sehingga bisa menjadi tatanan atau aturan – aturan yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengikat meski tidak sekuat hukum. Saya sendiri adalah keturunan jawa sunda, dimana saya dan keluarga saya masih mengikuti beberapa tradisi sebagaimana adanya adat istiadat keturunan jawa sunda. Setiap adanya sedekah bumi dan selamatan mauludan saya dan keluarga saya memperingatinya. Kesimpulannya adalah adat istiadat adalah kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang yang terus menerus sehingga menjadi suatu aturan – aturan. adat istiadat dikeluarga saya, yaitu tentang bagaimana adat istiadat yang ditetapkan dalam keluarga saya dan keluarga besar saya. 4. Referensi UNY. Kajian Teori. http://eprints.uny.ac.id/8538/3/BAB%202%20-%20084 01244 022.pdf. Diakses pada tanggal 30 September 2013. http://travel.detik.com/readfoto/2013/09/30/190200/2079539/1026/menonton-kuda-jingkrak-di-purworejo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar